DO’A

PERINTAH BERDO’A

A’udzubillahhiminasyaithanirajim

Bismillahirahmanirahim

Dan Tuhanmu berfirman, “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang- orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk ke neraka jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS 40 ayat 60)

DO’A YANG DIPERKENANKAN

A’udzubillahhiminasyaithanirajim

Bismillahirahmanirahim

dan Dia memperkenankan (do’a) orang- orang yang beriman dan mengerjakan kebaikan serta menambah (pahala) kepada mereka dari karunia-Nya. Orang- orang yang ingkar akan mendapat azab yang keras. (QS Asy- Syura (42) ayat 26)

MENGAPA BERDO’A

A’udzubillahhiminasyaithanirajim

Bismillahirahmanirahim

Wahai manusia! Kamulah yang memerlukan Allah; dan Allah Dialah Yang Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu), Maha Terpuji.

SYARAT DO’A DIKABULKAN

A’udzubillahhiminasyaithanirajim

Bismillahirahmanirahim

Dan apabila hamba- hambaKu bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdo’a kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran. (QS Al Baqarah (2) ayat 186)

Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang dengan ikhlas berserah diri kepada Allah, sedang dia mengerjakan kebaikan, dan mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah telah memilih Ibrahim menjadi kesayangan-(Nya). (QS An Nisa (4) ayat 125)

Katakanlah, “Sesungguhnya aku diperintahkan agar menyembah Allah dengan penuh ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama.

Dan aku diperintahkan agar menjadi orang yang pertama- tama berserah diri.”

(QS Az Zumar (39) ayat 11-12)

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai) fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui, (QS Ar Rum (30) ayat 30)

Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang dengan ikhlas berserah diri kepada Allah, sedang dia mengerjakan kebaikan, dan mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah telah memilih Ibrahim menjadi kesayangan-(Nya). (QS An Nisa (4) ayat 125)

kecuali orang- orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih, (QS Asy Syu’ara (26) ayat 89)

dan Aku telah memilihmu (menjadi rasul) untuk diri-Ku. (QS Taha (20) ayat 41)

Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk ALLAH, Tuhan seluruh alam, (QS Al An’am ayat 162)

KATAKANLAH (MUHAMMAD), “SESUNGGUHNYA TUHANKU TELAH MEMBERIKU PETUNJUK KE JALAN YANG LURUS, AGAMA YANG BENAR, AGAMA IBRAHIM YANG LURUS. DIA (IBRAHIM) TIDAK TERMASUK ORANG- ORANG YANG MUSYRIK.”

(QS Al An’am (6) ayat 161)

Suatu ketika Rasulullah SAW mengajak Ibnu Abbas berjalan- jalan, seraya menyampaikan tarbiyah:

“Wahai ghulam, maukah engkau mendengarkan beberapa kalimat yang sangat berguna? Jagalah ALLAH SWT (ajaran- ajaran-Nya), maka engkau akan mendapatkan-Nya selalu menjagamu. Jagalah ALLAH SWT (larangan- larangan-Nya), maka engkau akan mendapatkan-Nya selalu dekat di hadapanmu. Kenalilah ALLAH dalam sukamu, maka ALLAH akan mengenalimu dalam dukamu. Bila engkau meminta, mintalah kepada ALLAH. Jika engkau memerlukan pertolongan, mohonlah kepada ALLAH. Semua hal (yang terjadi denganmu) telah selesai ditulis….” Ketahuilah, seandainya semua makhluk bersepakat untuk membantumu dengan apa yang tidak ditakdirkan ALLAH untukmu, mereka tidak akan mampu membantumu. Atau bila mereka berkonspirasi untuk menghalangi engkau mendapatkan apa yang ditakdirkan-Nya untukmu, mereka juga tidak akan dapat melakukannya. Semua aktivitasmu kerjakanlah dengan keYAKINan dan keIKHLASan. Ketahuilah bahwa berSABAR dalam musibah itu akan memberikan hasil positif; dan bahwa kemenangan itu dicapai dengan keSABARan, dan bahwa kesuksesan itu sering dilalui lewat tribulasi (susah payah); dan bahwa kemudahan itu tiba setelah kesulitan.

Hadist riwayat Ahmad, Hakim, Tirmidzi

2 thoughts on “DO’A

  1. doa’ efektifkah? bagaimana kerja do’a. Apa hubungan dengan usaha? mungkinkah efektif jika berlawanan dengan prosudure? anda minta sehat tapi tidak berobat ke dr karena tidak punya uang? doakan anak untuk ‘menjadi orang’ tapi tidak disekolahkan karena tidak ada biaya? ini musykil bagiku ………

  2. Do’a justru sangat efektif petanda bahwa kita mengakui ada KUASA di luar kuasa kita, ada kehendak di luar kehendak kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s